Belajar Javascript

                                                      Image result for javascript
Belajar Javascript - oi gan  oke bersama ane di postingan baru ane kita akan belajar bersama-sama tentang bahasa pemprogaman web yaitu Javascript. btw, apa anda sudah tau javascript ? atau anda baru tau ? yossh sudahlah langsung aja di bahas tentang javascript.
pengertian javascript - suatu bahasa program dari java yang merupakan interface dalam membantu pembuatan pemprogaman web. Javascript sangat terkenal dan paling sering digunakan di pemprogaman web. javascript juga dapat bekerja di berbagai aplikasi browser bahkan mungkin hampir semua aplikasi browser yang sekarang.
sejarah javascript - pemprogaman savascript ditemukan pertama kali dan dikembangkan oleh Brendan Elich dari netspace dibawah nama Mocha, yang kemudian namanya diubah menjadi LiveScript, dan terakhir menjadi Javascript. Javascript juga termasuk bahasa yang digunakan untuk AJAX.
dasar javaascript - kode javascript biasa ditulis di dalam tag <head> di dalamnya lagi tag <script> yang dimulai dengan <script type="text/javascript"> dan diakhiri </script> . Javascript juga bisa dimasukan dalam satu file dengan format *.js dan untuk cara memanggil file tersebut bisa dengan cara berikut : <script type="text/javascript" src="nama.js"></script> .
Contoh dari program dasar javascript
<html>
 <head>
   <script type="text/javascript">
     alert("hello world !");
   </script>
  </head>
<body>
</body>
</html>
copy script tersebut simpan dengan format html. maka, akan keluar message box di browser anda bertulis hello world.

variabel javascript - variabel adalah tempat dimana kita menyimpan nilai pada javascript. deklarasi variabel di javascript didahului var . contoh
var nama;
var nama = "ronald"
var x = 10;
var y;
tipe data di javascript -  Javascript adalah bahasa program dengan tipe data yang tidak explisit. sperti contoh variabel diatas. anda mendeklarasikan suatu variabel tapi tidak menentukan tipe datanya.walau begitu javascript mempunyai tipe data implisit. Ada empat macam tipe data implisit di javascript.
Numerik : 0222532531, 1000, 45, 3.146789 dan seterusnya
String : "hello", "februari" dsb
Boolean : bernialai true & false
Null : variabel yang tidak diinisiali
contoh program aritmatik javascript :
 <HTML>
<HEAD><TITLE>Operasi Ari
tmatika</TITLE></HEAD>
<BODY>
<P><SCRIPT language="JavaScript">
<!
--
document.writeln("<PRE>");
document.writeln("<H1>Operasi Aritmatik</H1>");
var A = "100";
var B = "200";
var C = 300;
var D = 400;
var E = A + B;
document.writeln('"100" + "200" = ' + E);
E = B + C;
document.writeln('"200" +  300  = ' + E);
E = C + D;
document.writeln('300   +  400  = ' + E);
document.writeln("<PRE>");
//
--
>
</SCRIPT></P>
</BODY>
</HTML
Oke gan segitu aja dari saya semoga bermanfaat gan. Lagipula saya masih juga baru belajar jadi masih kurang bisa menjelaskan lebih detail dan lebih rumit mungkin di post yang berikutnya lebih menarik. bye :v.

Comments