Belajar HTML

                                                 Image result for html
Belajar HTML - yossh, kali ini saya akan membahas tentang bahasa html. btw, apa kalian tau bahasa html itu gan ? atau kalian tau tapi hanya baru sedikit ? atau mungkin anda sama seperti saya yang masih baru mengenal html. Kalau begitu di postingan ini kita akan belajar sama - sama tentang bahasa html.

HTML - html ( hyper text marup language ) adalah bahasa pemprogaman untuk membuat suatu halaman web, bahasa html sekarang merupakan standar internet yang definisikan dan dikendalikan oleh worl wide web consortium ( w3c ). Bahasa html dibuat oleh kolaborasi Caillau tim dengan Berners-lee Robert.

sejarah html - Pada tahun 1980, IBM mengembangkan jenis bahasa yang menggabungkan teks dan perintah - perintah pemformatan dokumen. Bahasa tersebut dinamakan markup language . IBM menamakan sistem ini Generalized markup language atau GML.
Pada tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik. ISO mengembangkan bahasa GML menjadi SGML ( standard generalized markup language ) . Tetapi diluar perkiraan ISO SGML dan terutama subset html berguna untuk menjelajahi internet yaitu html yang sampai sekarang masih berkembang menjadi html5. 
perkembangan html :
  1. HTML 2.0  (RFC 1866) diseetujui sebagai standar pada 22 September 1995
  2. HTML 3.2  - 14 Januari 1996
  3. HTML 4.0 - 18 Desember 1997
  4. HTML 4.01 - 24 Desember 1999
  5. ISO/IEC "ISO HTML" - 15 Mei 2000
  6. HTML 5 - 28 Oktober 2014
Macam - macam Aplikasi yang digunakan untuk membuat halaman html :
  • Notepad
  • Notepad++
  • Adobe Dreamweaver
  • Macro media
  • Microsoft forntpage
  • Macromedia
Contoh halaman html sederhana :
 html 4 :
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01//EN"
    "http://www.w3.org/TR/html4/strict.dtd">
 <html>
   <head>
     <title>new1</title>
   </head>
   <body>
     HELLO WORLD !
   </body>
</html> 

 HTML 5:
<!DOCTYPE HTML>
<html>
    <head>
        <title>Selamat Datang HTML</title>
    </head>
    <body>
        <p>Halo dunia!</p>
    </body>
</html>

script diatas copy trus paste di notepad save dengan nama terserah.html . kemudian klik maka akan ditampilkan di aplikasi browser anda dan ingat format yang digunakn bahasa html adalah *.html .

yoshh oke semoga bermanfaat gan di postingan kali ini barokah walau agak membosankan :v tapi sudahlah dinikmati aja, bye :v .

oh iye ada yang ketinggalan. penjelasan di tag html yang berwarna - warni tersebut,
Tag html <html> : yang berwarna hijau itu sangat berguna tanpa tag tersebut halaman web anda tidak berhasil dan harus selalu diawali <html> dan diakhir </html> .
Tag head <head> : tag ini biasanya digunakan sebagai kepala maksudnya anda bisa memasukan scrip CSS, JAVASCRIPT, tag title dan laiiiin.
Tag title <title> : tag anda akan tau sendiri kegunaanya karna ini sebagai judul nama halaman web anda yang akan ditampilkan di tab browser.
Tag body <body> : taulah anda ini kegunaanya untuk apa. sudah pasti untuk menampilkan isi halaman web.
dan masih ada tag - tag html yang sudah sangat berkembang saat ini.

Oke gan udah selesai sedikit tentang html. bye, :v .

Comments